Cile Siapkan Kredit Pajak US$2,8 Miliar untuk Dorong Hidrogen Hijau

SANTIAGO — Pemerintah Cile menyiapkan kredit pajak senilai US$2,8 miliar (±Rp46 triliun) untuk mempercepat industri hidrogen hijau (green hydrogen) dan mengejar target netralitas karbon.

“Insentif pajak ini akan mengerek investasi dan menempatkan Cile di garis depan produksi serta pemakaian hidrogen hijau.”
— Mario Marcel, Menteri Keuangan Cile (3/9/2025)

Apa yang Diinsentifkan?

Skema ini dirancang sebagai pengurang PPh Badan bagi perusahaan yang membeli produk hidrogen hijau buatan dalam negeri—termasuk amonia hijau dan metanol hijau. Bentuknya adalah kredit pajak per kilogram hidrogen hijau yang dibeli dari produsen bersertifikat.

Tujuannya jelas: menurunkan biaya bagi konsumen industri sehingga harga hidrogen hijau makin terjangkau, permintaan naik, dan transisi dari bahan bakar fosil menjadi lebih cepat—mulai dari pembangkit, kimia, hingga manufaktur berat.

Rezim Khusus Magallanes–Antartika

Pemerintah juga menyiapkan rezim pajak khusus yang menyasar produsen di wilayah selatan seperti Magallanes dan Antartika Cile. Produsen dapat mengajukan pembebasan PPN atas impor barang modal serta tambahan kredit pajak perusahaan yang diatur di dalam RUU.

“Insentif lokasi akan menciptakan klaster energi bersih yang kompetitif secara global.”
— Kementerian Keuangan Cile

Status Kebijakan & Langkah Selanjutnya

Paket insentif telah diajukan ke parlemen untuk dibahas dalam RUU terkait energi bersih. Meski timeline peluncuran belum diumumkan, pemerintah optimistis skema ini mempercepat penggantian sektor beremisi tinggi menuju industri berkelanjutan.

Rujukan resmi kebijakan fiskal tersedia di laman Kementerian Keuangan Cile dan kebijakan energi di Kementerian Energi Cile.

Mengenal Hidrogen Hijau

Hidrogen hijau diproduksi melalui elektrolisis air dengan listrik dari energi terbarukan (surya/angin/air), menghasilkan emisi gas rumah kaca yang sangat rendah—bahkan mendekati nol. Karena itu, ia dipandang sebagai “molekul hijau” untuk dekarbonisasi sektor yang sulit dialiri listrik langsung.

Catatan: Detail teknis (tarif per kg, kriteria sertifikasi produsen, dan koridor logistik) akan menunggu pembahasan RUU di parlemen Cile sebelum berlaku.
Exit mobile version